

Email adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Bahkan sampai ada yang mengatakan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif jika dibanding Facebook atau Twitter untuk mendapatkan pelanggan baru.
Di antara digital marketing yang lain, email marketing adalah pilihan yang relatif cost-effective. Di luar sana sudah ada berbagai tool email marketing sehingga Anda bisa memilih satu yang paling cocok untuk Anda. Tetapi tentunya, cost-effective adalah istilah yang relatif. Jika Anda bisa membangun email list Anda dan mengirimkan email-email yang konsisten dan relevan untuk pelanggan Anda, campaign email marketing Anda tentu akan membuahkan hasil.
Berbagai jenis email marketing
Bagi Anda yang sudah melakukan email marketing, mungkin banyak yang suka kebingungan email apa yang bisa Anda kirim. Nah, di artikel kali ini, kami akan membahas berbagai jenis email yang bisa Anda kirim ke pelanggan Anda agar email Anda tidak melulu email promosi atau jualan.
Tawaran promo dan diskon khusus untuk subscribers email marketing Anda
Siapa yang tidak menyukai diskon atau tawaran khusus? Jenis email yang ini mungkin adalah jenis email marketing yang sering Anda kirim dan dapatkan. Biasanya email jenis ini juga mendapat paling banyak perhatian dari mereka yang menerimanya. Oleh karena itu, email promo dan diskon adalah sesuatu yang harus Anda kirimkan. Email seperti ini dipastikan akan meningkatkan engagement email marketing Anda karena email ini menawarkan insentif untuk pelanggan email Anda. Mereka juga akan lebih mungkin membuka email-email dari Anda jika mereka mendapatkan value dari email yang ini.
Tawaran resources gratis
Ada banyak tipe bisnis yang bisa memanfaatkan tawaran resources gratis untuk meningkatkan engagement email Anda. Resource yang dimaksud disini adalah hal-hal seperti template, tutorial, atau bahkan wallpaper handphone dan computer. Biasanya, resources gratis ini digunakan sebagai rasa terima kasih karena mereka sudah subscribe ke email list Anda. Anda hanya perlu pastikan bahwa resource Anda sudah di brand dan merupakan sesuatu yang akan pelanggan Anda anggap berguna untuk mereka.
Email yang bersifat pengumuman tentang produk atau event
Mungkin Anda merasa tidak akan ada yang membaca update tentang bisnis Anda. Tetapi ternyata ada banyak customer yang menyukai email yang bersifat update dan pengumuman. Melalui email, Anda bisa mengumumkan produk atau event baru dari bisnis Anda. Di email yang sama, Anda juga bisa menawarkan diskon atau kesempatan untuk mengikuti event Anda secara gratis misalnya. Selain itu, jika perusahaan Anda mencapai sebuah pencapaian yang signifikan, kenapa tidak beritahu pelanggan Anda? Ini tentunya akan membuat bisnis Anda terlihat semakin kredibel dan terpercaya. Yang penting, coba pikirkan apa yang akan customer Anda dapatkan dari pengumuman yang Anda kirimkan. Ini juga merupakan salah satu jenis email marketing yang banyak digunakan.
Konten blog Anda
Jika bisnis Anda memiliki blog yang diupdate secara konsisten, Anda bisa memberi update kepada followers Anda. Anda bisa mengirimkan update konten Anda sekali seminggu atau sekali sebulan. Email Anda tidak perlu panjang, Anda hanya perlu memasukkan judul dan satu dua kalimat yang menjelaskan postingan tersebut. Kemudian tinggalkan link ke blog Anda. Konten dengan gambar mendapat 94% lebih banyak views daripada yang tidak, jadi jangan lupa masukkan featured image blog Anda di email marketing Anda.
After-purchase email marketing
Apakah Anda sering menghubungi customer setelah mereka berbelanja untuk menanyakan apakah mereka puas dengan produk atau jasa Anda? Sebuah email pendek namun personal adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan Anda bahwa mereka penting bagi Anda. Beritahu mereka bahwa dengan memberi tahu Anda kesan mereka setelah menggunakan produk atau jasa Anda, Anda bisa menggunakan feedback dari mereka untuk terus meningkatkan layanan Anda.
Jika Anda memiliki sebuah survei yang biasa Anda gunakan dalam bisnis Anda, pertimbangkan untuk menyertakan tautan ke survei itu dalam email Anda sehingga Anda dapat mengumpulkan data dan feedback pelanggan yang akan membantu Anda meningkatkan bisnis Anda seiring waktu. Ini juga merupakan salah satu keuntungan menggunakan email marketing, Anda bisa langsung menghubungi customer Anda.
Ucapkan ulang tahun melalui email marketing
Tergantung dari informasi yang Anda kumpulkan saat subscriber Anda mendaftarkan diri ke email marketing Anda, mengirimkan pesan ulang tahun atau anniversary bisa menjadi salah satu cara untuk membuat email yang bersifat personal. Berikan mereka yang berulang tahun diskon khusus atau produk gratis dari bisnis Anda.
Dengan semua jenis pesan email yang Anda kirim ke daftar Anda, pastikan informasi kontak Anda mudah diakses, dan mudah bagi orang untuk berhenti berlangganan seperti yang dipersyaratkan oleh aturan CAN-SPAM. Anda mungkin juga ingin menyertakan ikon sosial yang menghubungkan ke profil social media Anda sehingga Anda bisa berhubungan dengan customer Anda dengan mudah selain melalui email marketing.