

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda pasti sudah mengerti pentingnya menggunakan social media untuk bisnis Anda. Tetapi, Anda juga mungkin merasa bahwa social media lumayan memakan waktu Anda untuk dikerjakan – apalagi jika Anda belum bisa menambah orang di bisnis Anda khusus untuk mengurus social media. Ya, mengelola social media mungkin tidak semudah yang dibayangkan.
Nah, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah Anda dalam mengelola social media Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap efisien dan efektif dalam mengelola social media marketing.
Tips mengelola social media dengan efektif dan efisien
Pastikan bahwa Anda bisa mengakses social media dimana saja dan kapan saja
Memang social media sekarang lebih banyak diakses melalui handphone dibanding laptop. Jadi, Anda pasti sudah punya aplikasi social media di handphone Anda. Jangan lupa untuk menyalakan notifikasi social media agar Anda bisa langsung merespon pertanyaan, saran, atau keluhan yang masuk. Dengan memastikan ini, Anda jadi tidak akan melewatkan hal-hal penting yang mungkin datang dari social media Anda.
Mengaktifkan reminder untuk mengelola social media
Terkadang, mungkin Anda lupa untuk mengecek social media Anda. Coba aktifkan reminder agar Anda ingat untuk mengecek social media Anda. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mengalokasikan waktu dalam satu hari khusus untuk melihat dan mengelola social media Anda agar tidak ada yang terlewat.
Gunakan social media management tool
Social media digunakan sebuah bisnis untuk berinteraksi dan berhubungan langsung dengan customernya. Pasti Anda sudah tahu kalau social media harus selalu up-to-date. Tetapi terkadang mengupdate social media secara manual juga memakan waktu, walau sedikit. Nah, sebenarnya Anda bisa melakukan yang namanya automation. Apa itu? Dengan automation, Anda bisa menjadwalkan postingan social media Anda. Jadi Anda tidak perlu posting secara manual. Biasanya social media management tool juga bisa digunakan langsung untuk mengelola beberapa akun social media sekaligus. Jadi Anda bisa melihat semuanya hanya di satu dashboard.
Jadwalkan postingan Anda
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menjadwalkan postingan social media Anda. Dengan menjadawalkan postingan Anda, Anda tidak perlu melakukannya dengan manual dan Anda tidak akan lupa untuk memposting.
Untuk mempermudah Anda, coba jadwalkan postingan social media untuk dua minggu kedepan. Gunakan social media management tool pilihan Anda agar Anda tidak perlu menguploadnya secara manual. Dengan menjadwalkan, Anda juga tidak perlu khawatir mencari konten untuk social media Anda.
Fokus pada konten berkualitas
Memiliki konten yang banyak memang bagus, tetapi akan lebih baik jika Anda lebih fokus pada kualitas dibanding jumlahnya. Pastikan bahwa konten yang Anda bagikan adalah konten yang akan dibagikan ulang. Selain itu pastikan bahwa konten yang Anda posting juga akan bertahan lama dan bukan hanya trend semata. Jika Anda terus membagikan konten dan wawasan yang tetap relevan di industri tersebut, konten Anda akan terus berguna bagi follower Anda dan orang-orang yang baru saja melihat akun Anda.
Jangan takut untuk memposting kembali konten lama Anda
Tidak ada salahnya memanfaatkan postingan lama Anda dalam mengelola social media. Memang Anda harus terus memposting konten baru, tetapi tidak ada salahnya kalau Anda sesekali memposting konten lama Anda. Jika ada konten lama Anda yang masih relevan, tidak ada salahnya Anda mempromosikan kembali konten Anda agar ada banyak yang melihat dan membaca. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan followers dan customers baru.
Bagi Anda yang sudah melakukan social media marketing, baik Instagram, Facebook, atau social media lainnya, apakah Anda merasa Anda sudah mengelola social media Anda dengan efektif? Jika ya, jangan malu-malu untuk sharing pengalaman Anda dengan kami di kolom komentar.