

YouTube adalah search engine atau mesin pencari terbesar kedua setelah Google dengan 1.9 miliar pengguna aktif setiap bulannya. 50 juta dari pengguna tersebut adalah para content creator yang, jika diakumulasikan, mengupload 576 ribu jam video ke YouTube setiap harinya. YouTube memang memiliki reach yang luas. Saat ini, YouTube juga dibilang sebagai social media terbesar kedua setelah Facebook. Selain itu, YouTube sendiri juga menjangkau lebih banyak audience usia 18-29 tahun dibanding TV. Bisa dilihat kan bagaimana YouTube bisa menjadi tempat yang tepat untuk beriklan? Untungnya YouTube menyediakan YouTube Ads.
Kenapa Perlu YouTube Ads?
Ada beberapa alasan mengapa YouTube ads bisa membantu bisnis Anda dan mengapa Anda perlu mempertimbangkan YouTube Ads sebagai salah satu channel iklan yang harus Anda gunakan.
YouTube mempengaruhi keputusan berbelanja
Konten YouTube sekarang sudah semakin beragam. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai video tentang sebuah produk atau jasa kalau Anda cari. Tidak hanya video dari brand, tetapi juga video dan vlogs dari para content creator serta ads yang semakin mudah ditemukan. Menurut data global, 66% pembelian produk kecantikan, 72% pembelian produk otomotif, dan 62% pembelian smartphone dipengaruhi oleh konten video yang pembelinya tonton di YouTube. Jadi, bisa dilihat kan bagaimana besar pengaruh YouTube dalam perilaku konsumen.
YouTube Analytics: Mengenal Audience Anda
Untuk menyusun strategi marketing yang tepat, kita memerlukan data dan metrics untuk mengetahui seberapa berhasilnya campaign Anda. YouTube menyediakan YouTube Analytics untuk memberi Anda informasi tentang viewers atau audience Anda dengan lengkap.
Data yang tersedia memang tergantung dengan format dan harga ads yang Anda pilih. YouTube Analytics biasa memberi tahu Anda views, clicks, reach, and frequency.
Anda juga bisa melihat dan mengikuti viewership video Anda atau reporting setiap 3 bulan. Laporan ini memberi tahu Anda berapa sering ads Anda ditonton orang. Laporan ini membantu Anda untuk mengevaluasi bagaimana iklan Anda berjalan dan bagian mana yang perlu diperbaiki agar Anda bisa menyusun strategi Anda agar Anda bisa mencapai tujuan campaign Anda.
Advanced Targeting Iklan Anda
Dengan YouTube Ads, Anda bisa mengatur target audience Anda sesuai dengan demographics yang Anda inginkan. Demographics yang disediakan disini terdiri dari umur, gender, parental status, dan interest (minat). Dengan demographics ini, Anda bisa memastikan bahwa Anda menjangkau mereka yang memang ingin Anda jangkau. Anda juga bisa memilih channel atau video spesifik dimana Anda ingin iklan Anda dimainkan.
Return on Investment (ROI) yang Tinggi
Banyak marketer yang setuju bahwa YouTube ads memiliki ROI yang cukup tinggi jika dibanding dengan iklan TV. Memang ini tergantung dengan format iklan yang Anda pilih.
Format YouTube Ads
Sebelum Anda mulai memasang iklan di YouTube, Anda tentu perlu tahu ada format iklan apa saja yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah beberapa format YouTube ads yang bisa Anda pertimbangkan.
Truview ads
Truview ads adalah jenis iklan YouTube yang pasti sudah pernah Anda lihat sebelumnya. Truview ads adalah iklan yang muncul sebelum sebuah video dimulai. Truview ads bisa diskip setelah 5 detik. Biasanya, jika seseorang baru pertama kali memasang YouTube ads, ini adalah format iklan yang sebaiknya Anda pilih. Kenapa?
- Anda bebas mengupload konten apa saja
Anda bisa membuat konten dengan berbagai format; mulai dari video penjelasan tentang produk Anda, demo, testimonial, dan lain lain. Truview ads yang efektif biasa memiliki call-to-action yang jelas dari awal video.
- Berisiko rendah dan cost-effective
Dengan format ini, Anda hanya perlu membayar jika ada viewer yang menonton ads Anda lebih dari 30 detik atau jika mereka mengklik call-to-action (CTA) yang ada di ads Anda.
- Jangkauan yang luas
YouTube melihat sejarah pencarian Google atau Google search history saat mereka akan menampilkan sebuah ads. Jadi, pada dasarnya, Anda menggabungkan dua search engine di internet untuk menjangkau audience Anda.
Truview ads juga bisa muncul di publisher site lain seperti Display Network, tergantung dari jenis Truview ads yang Anda pilih; in-stream atau discovery.
Truview In-Stream Ads
Truview in-stream ads dimainkan di video YouTube. Selain itu, mereka juga mungkin dimainkan di tempat lain seperti Google Display Network seperti games dan aplikasi.
In-stream ads bisa berdurasi hingga 3 menit tetapi Anda direkomendasikan untuk memastikan bahwa video iklan Anda berdurasi 30 detik. Saat iklan Anda bermain, Anda akan melihat banner muncul di iklan Anda.
Truview Discovery Ads
Truview discovery ads adalah display ads. Iklan ini adalah iklan yang muncul atau bersifat pop-up di halaman YouTube, baik di homepage, sidebar, atau result page. Discovery ads tidak memiliki limit untuk penjang videonya karena orang-orang bebas mengklik videonya. Anda bisa memasukkan 25 karakter di headline Anda.
Secara keseluruhan, TruView adalah salah satu jenis campaign yang memiliki risiko rendah tetapi hasil yang lebih besar. Bahkan jika ada yang skip iklan Anda, Anda tetap mendapatkan engagement. Menurut data global, 76% customer akan meng-skip iklan jika diberikan pilihan. Tetapi people yang skip TruView ads tetap 10 kali lebih mungkin untuk mengunjungi atau subscribe channel brand tersebut dibanding mereka yang tidak pernah melihat ads nya sama sekali. Bagaimana dengan mereka yang menonton adsnya? Mereka akan 23 kali lebih mungkin untuk mengunjungi atau subscribe channel brand tersebut.
Video Ads yang tidak bisa di-skip
Anda pasti sudah pernah melihat iklan di YouTube yang tidak bisa di-skip. Mungkin Anda sebagai penonton menganggapnya sebagai mengganggu. Tetapi orang-orang sekarang sudah mulai terbiasa apalagi setelah YouTube hanya mengizinkan durasi maksimum iklan menjadi 20 detik.
Ada dua jenis video ads yang tidak bisa di-skip di YouTube:
- Pre-roll ads
- Mid-roll ads
Pre-roll ads adalah video yang muncul sebelum sebuah video dimulai. Sementara mid-roll ads muncul di tengah-tengah video yang berdurasi 10 menit atau lebih.
Jika Anda memiliki iklan yang memberitahu cerita lebih panjang dan dalam, maka Anda perlu mempertimbangkan YouTube ads jenis ini. Pastikan bahwa video Anda menunjukkan nilai atau value produk Anda agar pesannya sampai ke audience Anda
Video jenis ini juga efektif untuk meningkatkan brand exposure ke target market Anda. Selain itu, untuk iklan jenis ini Anda akan membayar berbasis cost-per-mille (CPM). Apa artinya? Anda akan membayar setiap iklan Anda mencapai 1,000 views di YouTube.
Bumper Ads
Bumper Ads adalah iklan yang tidak dapat di-skip tetapi hanya berdurasi paling lama 6 detik. Mereka muncul di akhir video dan dibayar setiap iklan Anda mencapai 1,000 views di YouTube. Karena durasinya pendek, Bumper Ads cocok untuk pengguna mobile.
Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik menggunakan YouTube Ads? Jika iya, tunggu artikel kami selanjutnya ya!