

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang sering dianggap paling penting. Mungkin Anda pernah mendengar istilah content is king atau konten adalah raja. Kita selalu membutuhkan konten untuk kegiatan marketing. Di artikel ini, kami akan membahas tentang apa itu content marketing, alasan Anda membutuhkan content marketing, dan apa saja jenis-jenis content marketing.
Apa itu Content Marketing?
Sebenarnya istilah content marketing bisa dibilang cukup luas. Sesuai dengan namanya, content marketing adalah jenis marketing yang menggunakan konten sebagai alat komunikasinya. Konten yang dimaksud disini termasuk artikel blog, postingan social media, video, podcast, infographics, webinar, dan jenis konten lainnya untuk meningkatkan engagement, lead generation, sales, dan loyalty. Pada dasarnya, content marketing dimaksudkan sebagai kesempatan untuk Anda untuk berbagi informasi dengan tujuan menginspirasi, mengajak customer Anda untuk berinteraksi, dan membangun komunitas. Untuk melakukan content marketing yang optimal, Anda biasa harus menggabungkan usaha content marketing dengan social media marketing dan SEO.
Kenapa Anda Butuh Content Marketing?
Ada beberapa alasan mengapa bisnis Anda perlu melakukan content marketing.
Meningkatkan brand reputation
- 78% customer dari seluruh dunia mengatakan bahwa mereka lebih percaya dengan brand yang mereka temukan dari konten yang mereka buat daripada iklan
- 70% customer mengatakan bahwa konten membuat mereka lebih ingin berhubungan baik dengan sebuah brand
Jika konten untuk content marketing adalah konten yang engaging, edukatif, dan bernilai maka mereka yang membaca atau mengkonsumsi konten Anda juga akan menganggap bahwa brand Anda pasti bagus. Semakin bagus konten yang Anda buat, brand Anda juga semakin berkesempatan untuk diliat sebagai industry leader di industry bisnis Anda.
Meningkatkan conversion rate
- Brand yang melakukan content marketing memiliki conversion rate 6x lebih tinggi dibanding brand yang tidak melakukan content marketing
Konten juga bisa membantu meningkatkan conversion rate bisnis Anda. Dengan konten yang informatif, Anda bisa memberi informasi tentang produk dan jasa sebelum mereka memilih produk atau jasa yang akan mereka beli.
Conversion yang dimaksud disini tidak selalu penjualan. Mungkin Anda membuat sebuah konten dengan tujuan untuk mengajak orang subscribe ke newsletter Anda. Bisa juga Anda membuat konten agar orang-orang menghubungi tim sales Anda atau langsung melakukan transaksi. Pilih tujuan yang paling penting bagi bisnis Anda.
Jadi jangan lupa untuk meletakkan call-to-action atau CTA di konten Anda untuk mendorong conversions. CTA dalam sebuah konten dapat membantu mereka yang mengkonsumsi konten untuk tahu langkah selanjutnya yang harus mereka lakukan.
Meningkatkan Traffic Website
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebanyakan brand menggabungkan content marketing dengan jenis digital marketing lainnya. Salah satu jenis digital marketing yang selalu terkait dengan content marketing adalah SEO atau Search Engine Optimisation.
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimisation. Pada dasarnya, SEO adalah usaha marketing dimana Anda perlu mengoptimasi website Anda agar bisa muncul di halaman pertama Google atau mesin pencari/search engine lainnya.
Dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat, Anda bisa meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Kalau Anda bisa muncul di halaman pertama Google, tentunya akan semakin banyak orang yang akan menemukan bisnis Anda.
Mengumpulkan leads
- Content marketing bisa mengumpulkan 3x lebih banyak leads dibanding kegiatan marketing tradisional
Di dunia marketing, leads adalah individu atau organisasi yang tertarik dengan apa yang Anda jual atau tawarkan. Mereka bisa menunjukkan ketertarikan dengan memberi Anda informasi kontak mereka seperti email, nomor telepon, atau profil social media mereka.
Content marketing bisa menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan leads. Anda bisa mengumpulkan leads dengan membuat gated-content. Gated-content adalah konten yang hanya bisa diakses jika pembaca meninggalkan email atau cara lain untuk mengontak mereka. Kalau konten Anda dinilai memberi nilai lebih, orang pasti tidak akan sungkan untuk meninggalkan detail kontak mereka.
Jenis – Jenis Content Marketing
Ada banyak jenis content marketing yang bisa Anda manfaatkan. Di artikel kali ini, kami hanya akan membahas beberapa jenis konten yang paling banyak digunakan untuk content marketing.
Blog
Jenis content marketing yang paling popular dan banyak digunakan adalah dengan memiliki blog. Blog memang paling banyak digunakan karena brand ingin website mereka bisa muncul di halaman pertama Google. Website yang memiliki blog memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul di halaman pertama Google. Selain itu, blog dipercaya bisa membantu membangun hubungan dengan customer Anda karena mereka bisa meninggalkan komentar di artikel Anda.
Video
Menurut prediksi tren marketing 2019, video akan menjadi jenis konten yang paling popular. Banyak yang memprediksikan bahwa 1/3 aktivitas online akan dihabiskan dengan menonton konten video. Menurut studi yang dilakukan BrightCove brand yang menggunakan video bisa meningkatkan organic traffic sampai dengan 157% melalui SEO Video. Selain itu, meletakkan video di website Anda bisa meningkatkan waktu yang dihabiskan seseorang di website Anda sampai dengan 105%.
Tetapi tentunya Anda perlu mempertimbangkan konten dan topik seperti apa yang dianggap paling menarik oleh audience Anda. Biasanya, sebuah brand menggunakan video di dua tahap:
- Awareness stage –> memperkenalkan brand, produk, dan jasa Anda dengan membuat video yang informatif.
- Decision stage –> membuat video untuk mempengaruhi target audience akan semakin tertarik dengan produk atau jasa Anda. Biasanya video yang dibuat untuk tahap ini adalah video seperti demo produk dan how-to videos.
Infographics
Salah satu konten yang bisa membantu Anda menyampaikan informasi menarik adalah dengan menggunakan infographics. Infographics adalah konten visual yang berisikan informasi, data, dan pengetahuan lainnya. Biasa infografis dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi pembacanya tentang hal-hal complex seperti statistic dengan cepat dan jelas.
Case study
Cara terbaik untuk memperkenalkan brand Anda dan apa yang bisa Anda lakukan untuk customer Anda adalah melalui konten case study. Case study ini biasa digunakan untuk memperlihatkan bagaimana bisnis Anda bisa membantu menyelesaikan masalah mereka. Case study bisa disajikan dalam rupa artikel atau video. Anda bisa memulai dengan melakukan sebuah wawancara dengan customer Anda yang puas setelah menggunakan bisnis Anda.
eBooks
eBooks adalah jenis konten yang lebih panjang dari jenis konten yang lain. eBooks biasa memiliki informasi lebih dalam tentang sebuah topik dibanding artikel. Jika Anda memilih untuk membuat eBook, perlu diperhatikan bahwa eBook kurang cocok digunakan untuk tujuan penjualan. Biasa brand membuat eBook untuk membangun rasa percaya customer terhadap brand Anda. Selain itu eBook juga bisa menjadi salah satu konten yang baik untuk lead generation karena Anda bisa meminta mereka untuk memasukkan nama dan alamat email mereka untuk mendownload eBook.
Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk melakukan content marketing? Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, Anda bisa membaca artikel 6 Tips Untuk Membuat Konten Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda. Semoga artikel ini membantu!