

Kita semua ingin memiliki marketing campaign yang bisa viral. Buku Contagious: Why Things Catch On dari Jonah Berger merupakan buku yang menarik untuk dibaca orang yang berada di industri marketing atau advertising. Jonah Berger merupakan seorang professor marketing di The Wharton School of the University of Pennsylvania yang menganalisa lebih dari 10 ribu konten selama bertahun tahun dan menemukan 6 kunci mengapa sebuah konten bisa menjadi viral.
STEPPS: 6 Kunci Marketing Campaign Yang Viral
Membuat sesuatu agar menjadi viral dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu STEPPS. Viral adalah istilah dimana sebuah konten atau ide menyebar dengan luas dari orang yang satu ke orang yang lain.
STEPPS itu merupakan singkatan dari 6 faktor yang dapat membuat marketing campaign kalian menjadi viral yang terdiri dari:
- Social Currency (Mata Uang Sosial)
- Trigger (Pemicu)
- Emotion (Emosi)
- Public (Umum)
- Practical Value (Nilai Praktis)
- Story (Cerita)
Apabila kita menggunakan keenam faktor ini dalam marketing campaign kita, kita dapat membuat aktivasi kita mendatangkan lebih banyak konsumen dan dishare oleh target audience kita.
Social Currency (Mata Uang Social)
Salah satu hasil riset Berger menunjukkan bahwa alasan utama seseorang share sesuatu hal kepada orang lain karena seseorang tersebut merasa bangga atau sependapat dengan konten atau ide yang mereka share.
Orang akan cenderung membagikan konten yang bisa membuat mereka bangga saat membagikanya. Kebangganya ini muncul dalam diri mereka ketika membaca sebuah konten yang merasa relevan dengan diri mereka.
Salah satu contoh adalah seseorang yang informasi konten mengenai kepribadian seperti “Apa yang disukai oleh orang – orang yang berulang tahun di bulan Maret,”. Dengan bangga orang yang berulang tahun di bulan ini akan share konten tersebut kepada teman – temanya, dengan mengartikan bahwa “Saya ingin kalian tahu apa hal yang saya suka.” Seperti ini contohnya.
Social Currency adalah rasa dari kebanggaan akan sesuatu yang dirasakan oleh pembaca yang sepahaman dengan konten yang mereka baca. Intinya orang – orang akan share konten marketing yang membuat dirinya terkesan positif di mata orang lain. Untuk memudahkan kita, kita bisa membuat suatu konten dengan menggabungkan beberapa konten satu dengan konten lainya yang sejenis.
Trigger (Pemicu)
Salah satu cara bagaimana membuat marketing campaign kalian menjadi viral adalah dengan membuat audience Anda membicarakan produk / service Anda. Saat sedang berkumpul, mereka sering berbicara tentang apa pun yang muncul dalam pikiran, jadi semakin sering mereka diingatkan tentang produk Anda, semakin banyak mereka membicarakanya. Kita perlu merancang produk dan ide yang sering dipicu oleh lingkungan dan menciptakan pemicu yang berhubungan dengan produk dan ide kita – sehingga membuat produk dan ide ini tersebar dan dibicarakan oleh banyak orang.
Jadi bagaimana cara kita membuat pemicu ini? Ketika Anda sedang mempersiapkan rencana untuk menyusun strategi tentang apa isi konten Anda, tentukan konteks pesan Anda. Akankah konten campaign marketing Anda relevan dengan seituasi sehari – hari. Marketing campaign tentang cara membangkitkan semangat dalam pekerjaan mungkin sangat relevan dengan seseorang professional atau eksekutif. Seiring berjalanya hari dan dia merasa lebih stress, dia akan terpicu untuk memikirkan campaign yang Anda buat – bagaimana meningkatkan kualitas pekerjaan mereka. Dia bahkan dapat mencari kembali konten Anda untuk dilihat atau dibaca lagi.
Emotion (Emosi)
Membuat konten yang dapat menyentuh emosi orang lain dapat membuat audience tergerak untuk share kepada teman – temanya. Dari riset yang dilakukan oleh Berger, emosi yang paling oke untuk membuat sesuatu menjadi viral adalah perasaan kagum, terhibur, bahagia, dan tertawa.
Kebanyakan orang yang merasa kagum atau terhibur akan suatu hal akan lebih tergerak untuk share konten tersebut. Seperti contohnya video Youtube. Video bisa dibilang adalah salah satu channel campaign marketing yang paling sering viral – jika dibandingkan dengan jenis konten lainnya. Konten video yang ada disana banyak yang menyentuh emosi, baik itu kagum, marah, ataupun sedih. Contoh video yang dapat membuat kagum seperti :
- Seorang artis hollywood datang ke rumah sakit untuk menjenguk penggemarnya.
- Ada seorang kakek yang menyelamatkan seorang wanita yang barangnya dicuri oleh maling.
- Menolong binatang yang sedang tenggelam di sungai
- Dan lainya
Video – video ini merupakan video yang menyentuh hati bagi orang yang melihat dan semakin menarik kontennya, maka semakin pula banyak orang yang akan share hal ini.
Public (Umum)
Semakin populer sesuatu, itu membuat orang-orang semakin tertarik dengan sesuatu hal tersebut. Fenomena ini dikenal sebagai “bukti sosial”. Seseorang meniru perilaku orang lain karena semua orang melakukan hal yang sama. Salah satu contoh baik dari strategi ini ada di brand Apple. Tahukah Anda alasan mengapa logo Apple di laptop tidak menghadap Anda saat laptop ditutup? Alasanya karena Steve Jobs menyadari bahwa melihat orang lain melakukan sesuatu membuat orang lebih mungkin melakukanya sendiri. Dia menginginkan audience untuk melihat logo Apple dengan baik, sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya.
Membuat sesuatu yang lebih mudah untuk dilihat membuatnya lebih mudah untuk ditiru. Dengan demikian faktor kunci dalam mendorong produk untuk bisa populer adalah visibilitas publik. Seperti pernyataan diatas, orang sering meniru orang-orang di sekitar mereka. Anda mungkin pernah melihat contoh bahwa saat kerumunan orang sedang melihat keatas, Anda mulai mencari juga dan bertanya-tanya apa yang sedang terjadi.
Salah satu contoh lain yang mungkin Anda tidak terlalu menyadarinya adalah tip di restoran atau café. Biasanya para karyawan memasukkan uang tip terlebih dahulu ke dalam gelas tip untuk membuat pengunjung berasumsi bahwa banyak orang yang memberikan tip, dan dengan demikian mereka akan memberi tip juga.
Manfaat dari produk yang dapat dilihat di mata publik adalah ketika orang menggunakan atau produk layanan tersebut, mereka juga mengirimkan bukti sosial yang mendorong orang lain untuk melakukanya juga. Salah satu cara untuk membuat suatu produk atau ide bisa viral adalah bagaimana membuatnya dapat dilihat secara publik.
Practical Value (Hal Praktis)
Salah satu cara lain lagi untuk membuat campaign Anda untuk di share audience Anda adalah dengan membuat campaign yang bernilai dan bermanfaat – baik itu sesuatu hal yang lucu, insight mengenai industri tertentu, atau pengetahuan tentang bagaimana caranya membeli buah dan sayur yang baik. Campaign yang menunjukkan kepada audience anda bagaimana produk atau jasa Anda akan menghemat waktu mereka, menghemat uang mereka, dan meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Ketika sesuatu produk berguna dan memiliki nilai praktis, orang akan menyebarkan berita untuk Anda.
Beberapa contoh yang bisa Anda bisa lakukan:
- Perusahaan Kasur memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas tidur target audience mereka.
- Sebuah brand kaos pria memberikan informasi tentang bagaimana memilih outfit yang tepat untuk semua acara atau aktivitas yang mereka ikuti.
- Perusahaan marketplace memberikan tips dan cara kepada audience bagaimana berjualan online dengan lebih baik
- Brand tepung memberikan resep – resep makanan yang bisa dibuat menggunakan produknya.
Apapun produk kalian dari anting – anting sampai sambal buatan rumah, selalu coba berikan value kepada audience Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan – pertanyaan ini untuk membuat konten yang memiliki Practival Value :
- Bagaimana saya dapat membantu audience menggunakan produk saya dengan lebih baik?
- Ada beberapa pertanyaan yang dimiliki audience saya di sekitar topik ini?
- Bagaimana cara saya memberikan jawaban atas pertanyaan yang mungkin tidak disadari oleh audience saya?
Story (Cerita)
Story adalah salah satu pendekatan yang paling sering diterapkan dalam campaign marketing. Story dapat membantu kita meraih audience kita dalam tingkat personal. Cerita akan membuat kedekatan brand Anda dengan audience dan membuat informasi yang Anda berikan bisa tersebar – orang-orang sulit menahan diri untuk membagikan sesuatu cerita yang relevan dengan diri mereka. Studi menunjukkan bahwa satu-satunya cara otak kita bisa tetap fokus adalah dengan mengonsumsi cerita. Poin ini bisa diwujudkan pada konsep promosi iklan yang mengandung cerita menarik dan menyentuh hati audience. Riset juga menunjukkan bahwa 92% audience ingin brand menggunakan cerita dalam iklanya, dan sebuah komunikasi yang diberikan dalam format cerita akan lebih diingat sebanyak 22 kali daripada hanya sebuah informasi / fakta.
Salah satu contoh campaign yang kita lihat seperti contoh campaign yang dilakukan oleh Gojek atau Tokopedia. Dimana kedua brand ini memperlihatkan bahwa mereka membantu masyarakat Indonesia dengan kehadiran produknya, dan biasanya saat membuat marketing campaign mereka fokus untuk mengangkat cerita salah satu konsumen agar bisa menyentuh hati audience yang melihat campaign mereka. Konten yang seperti ini juga biasa lebih mudah viral jika dibanding jenis konten lain.
Bercerita disini adalah seperti kita sedang menyampaikan informasi kepada audience secara personal. Gunakan gaya penyampaian yang baik agar orang lain yang melihat konten kita dapat dengan mudah mencerna dan memahami isi konten kita. Dengan begitu orang lain yang melihat konten kita akan memberikan rekomendasi kepada temanya apabila teman mereka sedang mencari informasi bagus yang cocok dengan mereka. Orang yang melihat konten kita tadi akan langsung teringat kepada brand kita.
Dalam membuat konten itu sendiri, Anda harus memastikan bahwa konten Anda bisa menarik perhatian. Kami sudah menyiapkan artikel Tips Untuk Membuat Konten Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda bagi Anda yang ingin memulai membuat konten untuk campaign marketing Anda.
1 Comment. Leave new
[…] Konten yang menarik bisa berarti banyak hal. Tetapi salah satu indikatornya bisa dilihat dari impact konten tersebut. Coba pikir apakah jika ada yang melihat konten itu, mereka akan ingin share konten tersebut ke teman-temannya? Apakah konten ini berpotensi viral? Campaign digital yang baik adalah campaign yang memiliki shareability tinggi agar bisnis Anda bisa mendapat ROI yang memuaskan. Share juga tentunya akan mempermudah Anda untuk mendapatkan clicks dan conversion karena konten Anda menjadi viral. […]