

Untuk bisnis lokal atau UMKM (Usaha tingkat menengah atau kecil), pemasaran bukanlah billboard atau iklan di televisi. Sebagian besar pemilik bisnis menghabiskan banyak budgetnya untuk promo dan opsi marketing seperti endorse influencer, sponsorship, digital ads, dan aktivasi mahal lainya yang jarang menghasilkan penjualan. Akibatnya, hal ini mengakibatkan terbuangnya budget marketing Anda. Selain dengan Return on Investment (ROI) yang rendah ini, sebagian besar UMKM berjalan dengan budget terbatas dan merasa hampir tidak mungkin bersaing dengan perusahaan besar dalam aktivasi pemasaran. Tetapi ini tidak berarti bisnis Anda harus selalu memilih opsi yang lebih murah – yang penting adalah memastikan strategi pemasaran Anda tepat untuk bisnis Anda.
Tujuan utama dari semua UMKM adalah untuk menjangkau target konsumen dan melakukan penjualan – untuk menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahankan dan menumbuhkan bisnis. Namun memasarkan bisnis Anda dapat dilakukan dengan cara yang hemat biaya namun tetap menghasilkan hasil yang baik.
10 Strategi Pemasaran Efektif Untuk Bisnis
Sebelum kita masuk ke poin-poinnya, perlu diingat bahwa tidak ada strategi marketing yang instan, tidak ada strategi marketing yang berlaku untuk semua bisnis. Anda harus mencoba melakukan beberapa strategi pemasaran untuk melihat mana yang paling efektif untuk bisnis anda.
Berikut 10 strategi pemasaran yang bisnis Anda bisa lakukan secara efektif dengan budget yang efisien.
Bangun sosial media brand Anda
Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa social media sudah tidak mungkin tidak dilibatkan dalam strategi pemasaran, baik untuk bisnis besar maupun UKM. 67% konsumen menghubungi social media sebuah brand kalau ada pertanyaan atau bantuan mengenai brand, dan 33% konsumen lebih suka dihubungi menggunakan sosial media daripada telepon. Jika konsumen tidak dapat menemukan bisnis Anda di sosial media, mereka akan mencari kompetitor Anda yang aktif dan hadir di sosial media.
Anda dapat secara efisien menggunakan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan sekarang Snapchat untuk membangun brand anda secara kreatif di sosial media. Bangun follower Anda di sosial media yang mungkin tumbuh menjadi konsumen Anda dan gunakan sosial media Anda untuk promosi gratis dan aktivasi marketing lainya.
Buat konten berkualitas yang relevan dengan produk Anda.
18% dari semua pemilik bisnis mengatakan bahwa content marketing memiliki dampak terbesar terhadap bisnis mereka di channel apapun di tahun 2016.
Content marketing adalah proses membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan menarik untuk target audience anda. Content marketing yang baik harus dapat menjangkau audience baru dan mengubah mereka menjadi konsumen Anda. Tidak seperti iklan berbayar, content marketing lebih berfokus pada hasil jangka panjang. Hal ini mungkin tidak memberikan dampak langsung terhadap penjualan Anda, tetapi lebih memberikan hasil untuk mengembangkan bisnis Anda secara jangka panjang. Content marketing juga meningkatkan connection dari audience kepada brand Anda. Namun, membuat content marketing yang baik itu tidak mudah, Anda harus membuat konten yang berkualitas, relevan dengan audience dan bisnis Anda,dan konsisten.
Mencoba menggunakan alternatif iklan baru yang lebih efektif
Anda bisa mencoba alternatif iklan yang lebih murah, lebih mudah, lebih lengkap. Salah satunya adalah ADX Asia. ADX Asia memiliki misi untuk memberi akses kepada semua bisnis – besar atau kecil – kesempatan yang sama untuk beriklan. ADX Asia sudah dipercaya lebih dari 100 pengiklan yang tersebar di Indonesia mulai dari bisnis besar seperti Tokopedia, Samsung sampai UMKM seperti online shop, penjual frozen food, dan bisnis lainya.
Dengan ADX Asia, Anda bisa menjangkau ribuan orang untuk mengingkatkan bisnis Anda mulai dari Rp 10.000. ADX Asia memiliki lebih dari 350 lokasi untuk Anda bisa beriklan – mulai dari Bebek Kaleyo, Super Indo, Eat Boss, Lau’s Kopi Tiam, Mall Kelapa Gading, dan banyak tempat lainya. Sekarang pasang iklan sudah tidak perlu sampai membutuhkan waktu ber-minggu-minggu. Pasang iklan di ADX Asia tidak sampai 15 menit, hanya perlu beberapa klik saja untuk membuat marketing campaign Anda.
Anda bisa mencoba langsung di website ADX Asia dan buktikan sendiri bagaimana ADX Asia bisa membantu meningkatkan bisnis Anda dengan cara yang lebih mudah, murah, dan lengkap.
Fokus kepada konsumen Anda yang sudah ada
Menjaga hubungan dengan konsumen yang sudah ada adalah salah satu strategi pemasaran yang sering dilupakan oleh sebuah bisnis. Terkadang orang lebih fokus untuk mendapat pelanggan baru. Padahal, Anda membutuhkan budget yang lebih besar untuk menjangkau pelanggan baru daripada konsumen loyal Anda. Jadi pastikan Anda tetap fokus dan menjaga relasi kepada konsumen yang sudah mempercayai bisnis Anda.
Misalnya, mengajak konsumen Anda untuk makan malam atau rekreasi bersama dan menggunakan kesempatan ini untuk bertanya kepada mereka bagaimana cara meningkatkan bisnis Anda. Anda juga dapat secara pribadi menulis atau memberikan email kepada 10 konsumen terbaik Anda untuk berterima kasih dan memberi update tentang produk baru Anda atau meminta untuk membantu Anda review produk yang akan Anda keluarkan.
Berikan konsultasi gratis
Siapa yang tidak menyukai hal-hal gratis? Memberi jasa secara gratis adalah salah satu strategi pemasaran yang sering didebatkan. Ketika datang ke layanan professional, orang menginginkan akses ke expertise yang Anda punya – memberikan konsultasi gratis adalah cara yang bagus untuk menghasilkan konsumen baru bagi bisnis Anda. Strategi ini tidak cocok untuk semua bisnis, tetapi jika Anda menawarkan layanan ahli atau berada di industri jasa, strategi ini mungkin tepat dan layak dipertimbangkan untuk Anda lakukan.
Banyak penyedia layanan khawatir tentang mengungkapkan terlalu banyak info jika memberikan konsultasi gratis. Mereka merasa potensial konsumen hanya akan mengambil info dan menjalankanya sendiri. Pada kenyataanya, orang-orang seperti itu memang tidak akan membeli dan bukan target audience Anda, tetapi akan ada konsumen yang tertarik untuk membayar layanan anda saat mereka puas dengan kualitas konsultasi yang Anda berikan.
Membuat blog bisnis Anda
Blog adalah salah satu jenis content marketing. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang efektif. Anda bisa membuat blog – tetapi Anda tidak perlu membuat blog Anda di website / domain khusus. Kebanyakan orang merasa blogging kurang efektif bagi mereka, karena mereka harus mencari traffic lagi untuk blog mereka. Tetapi ini bukan hanya tentang membuat blog Anda sendiri, tetapi anda bisa menggunakan platform media atau bergabung dengan publishers seperti IDN Times, Daily Social, Medium, dan publisher lainya yang memberikan Anda akses gratis untuk memulai blog Anda. Anda juga bisa memasukkan blog di situs jawab pertanyaan seperti Quora dan Reddit. List ini merupakan publishers yang dapat diposting oleh siapa pun, yang sudah memiliki traffic tinggi, memberikan Anda jangkauan yang lebih besar dalam proses pembuatan blog Anda.
Ketika Anda melakukan blog, pastikan bahwa blog Anda efektif dan relevan terhadap kebutuhan konsumen. Berikan konsumen Anda lebih banyak value untuk meningkatkan kredibilitas Anda di mata mereka. Ini adalah salah satu strategi marketing paling kuat yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis apapun.
Bergabunglah dengan Grup Bisnis Lokal
Manfaatkan dunia digital sekarang untuk bertemu banyak orang di berbagai komunitas. Strategi pemasaran Anda akan semakin efektif jika Anda melakukan pendekatan dengan lebih personal. Bergabung dengan grup bisnis lokal akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan orang – orang yang sudah memiliki kesamaan dengan Anda, yaitu memiliki bisnis. Kelompok atau grup ini adalah peluang besar untuk memunculkan ide – ide baru, membagikan informasi tentang bisnis Anda, berbagi referensi, dan identifikasi peluang baru lainya.
Ada banyak benefit lainya dalam memperluan jaringan Anda di sekitar bisnis Anda berada. Koneksi Anda akan bertambah dan koneksi yang tampaknya kecil ini akan menjadi signfikan di waktu lainya. Meskipun grup seperti ini biasanya paling banyak ditemukan secara online, lebih baik untuk mengadakan pertemuan langsung untuk memperbanyak koneksi Anda.
Buat video tutorial
Salah satu cara paling efektif untuk menyampaikan pesan Anda adalah dengan membuat tutorial video atau cara menggunakan produk Anda. Ajari konsumen sesuatu yang bermanfaat. Semakin baik video yang Anda buat, maka semakin cepat dan akan semakin banyak juga konsumen baru yang Anda jangkau dan pada akhirnya – dapat membantu meningkatkan penjualan Anda.
Anda sudah tidak bisa meninggalkan video di strategi pemasaran Anda. Kenapa? Hari ini, Youtube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia selain Google. Kapanpun seseorang ingin belajar sesuatu secara video, melihat review produk, mereka akan menuju kesana. Anda bisa memaksimalkan platform ini untuk memasukkan konten – konten Anda yang dapat membantu target audience Anda mengetahui produk Anda. Jadi coba Anda tanyakan pada diri Anda : Apa yang konten video yang bisa Anda buat untuk membantu konsumen Anda?
Kenali konsumen Anda
Konsumen adalah raja. Mereka adalah bahan bakar yang membuat mesin bisnis Anda terus berjalan. Untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen Anda, Anda perlu mengetahui perilaku mereka. Inti dari setiap marketing campaign adalah mengidentifikasi karakteristik spesifik pelanggan ideal Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang audience Anda, semakin kuat dan efektif juga marketing campaign yang Anda buat nantinya.
Dengan mengetahui konsumen, Anda akan dapat mengoptimalkan konten Anda, membuat strategi pemasaran dan marketing campaign yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan mereka, membuat komunikasi yang bisa meningkatkan penjualan, serta membuat konten sosial media yang lebih baik.
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali konsumen Anda, seperti market research, melakukan wawancara, survei, atau bertanya kepada konsumen loyal untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan insight tentang konsumen Anda.
Mengetahui kompetitor Anda
Mengembangkan bisnis Anda mengharuskan Anda untuk terus belajar dan membuat beberapa perubahan dan penyesuaian pada bisnis Anda bila diperlukan. Mempelajari tentang kompetitor dibutuhkan untuk memperluas pengetahuan Anda tentang target audience dan industri Anda untuk memperbaiki atau meningkatkan strategi bisnis Anda.
Mengatahui tentang kompetitor akan membantu Anda berkomunikasi dengan target audience Anda, mengetahui differensiasi Anda dari kompetitor, dan membuat marketing campaign yang menunjukkan keunggulan produk Anda dibanding yang lain. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang posisi, harga, kekuatan, dan kelemahan kompetitor Anda. Informasi dan insight yang Anda dapatkan akan membantu Anda meningkatkan strategi pemasaran dan membuat Anda sebagai bisnis yang paling diingat oleh konsumen.
Baik Anda yang baru memulai bisnisnya atau yang telah menjalankan bisnisnya selama beberapa tahun, selalu ada banyak hal untuk dipelajari. Kami harap Anda mempelajari sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk meningtkan penjualan Anda.
“Marketing is no longer about the stuff that you make, but about the stories you tell“. – Seth Godin-
Bagaimana menurut Anda? Apakah ada strategi pemasaran lain yang efektif untuk UMKM. Tuangkan pendapat dan opini kalian di kolom komen, dan yuk kita diskusi bersama!
2 Comments. Leave new
[…] sebuah konten marketing Anda merupakan salah satu faktor efektifitas dalam strategi pemasaran yang Anda lakukan. Namun, sayangnya membuat konten marketing yang berkualitas tidaklah semudah […]
[…] ini adalah prediksi trend marketing 2019 yang bisa Anda pertimbangkan untuk menyusun strategi marketing Anda tahun […]