

Kualitas sebuah konten marketing Anda merupakan salah satu faktor efektifitas dalam strategi pemasaran yang Anda lakukan. Namun, sayangnya membuat konten marketing yang berkualitas tidaklah semudah itu.
Untuk membuat konten yang baik, Anda harus menyakinkan para konsumen bahwa konten yang kamu buat merupakan konten yang tepat, untuk orang yang tepat, dan pada waktu yang tepat juga.
Bagaimana Cara Membuat Konten Marketing Yang Baik?
Pada artikel kali ini ADX Asia Akan memberi informasi kepada Anda bagaimana cara memberi content berkualitas dan menarik bagi konsumen Anda.
Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin membuat konten yang berkualitas, diantaranya:
Kenali pasar dan audiens anda sebelum membuat konten
Untuk membuat konten yang baik, untuk melakukan strategi yang sukses, Anda perlu mengetahui target audience Anda. Dengan mengetahui target audience Anda, Anda bisa membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi para audience agar nantinya mereka mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Anda juga bisa melihat tipe konten apa yang tepat untuk diberikan kepada audiens Anda. Apa mereka menginginkan informasi tentang bagaimana cara menggunakan produk anda? Apa mereka meninginkan promo atau hal-hal yang sifatnya gratis dari brand kamu? Apa yang mereka inginkan, content yang panjang atau yang singkat dan padat? Apakah konten yang kamu buat menjawab kebutuhan audiens? Bagaimana dengan konten visual atau video? Strategi seperti apa yang akan kamu terapkan dalam konten lain seperti audio, video, serta format lainnya?
Untuk menfasilitasi kebutuhan audiens, Anda harus memadukan beberapa tipe konten – agar content yang Anda buat dapat dipilih oleh audiens yang menurut mereka lebih relevan.
Tetapkan tujuan Anda
Mengapa Anda ingin memulai perencanaan cocntent marketing? Apa tujuan Anda? Apa yang membuat Anda tertarik mulai membuat konten? Mengetahui tujuan apa yang ingin Anda capai sebelum Anda memulai perencanaan dapat membantu Anda menentukan hal-hal seperti apa yang cocok untuk dimasukkan dalam strategi content marketing.
Semua pemilik bisnis yang ditanya mengenai apa yang diharapkan dari konten marketing yang dibuat, 9 dari 10 akan mengatakan untuk meningkatkan penjualan. Pembuatan konten marketing yang menarik harus dilakukan secara berkala dan bertahap sebelum mencapai hasil akhir berupa peningkatan penjualan.
Pada dasarnya, tujuan utama dari sebuah konten marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness – agar lebih banyak orang mengetahui apa yang Anda lakukan, dan siapakah Anda. Di saat awal Anda mencoba membangun setiap konten marketing yang ada menjadi lebih menarik. Anda hanya akan mendapatkan lebih banyak target audience yang melihat bisnis Anda.
Setelah dari fase brand awareness, Anda baru memulai menetapkan tujuan menjadi peningkatan penjualan, maka di sini konten yang dibuat bisa yang fokus ke produk, promo-promo, dan sebagainya. Menentukan tujuan akan menentukan content seperti apa yang akan Anda buat. Saat Anda sudah membuat content marketing yang menarik, akan banyak bermunculan target konsumen potensial baru bagi Anda.
Upload konten Anda di waktu terbaik audiens Anda
Banyak sekali penelitian di Internet tentang penentuan waktu terbaik untuk kamu dapat mengunggah konten di media sosial, email, website, dan lain – lain. Anda bisa mencoba dengan melihat efektifitas dari konten yang anda telah upload – untuk melihat waktu yang terbaik untuk konten Anda. Berikut ini ada beberapa hasil penelitian yang dapat menjadi insight anda dalam menentukan waktu yang tepat untuk upload konten:
- Email – Menurut Mail Chimp, waktu terbaik untuk mengirimkan newsletter kepada audiens dalam rentang waktu pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang. Pada jangka waktu ini, Anda berpeluang besar mendapatkan respons terbaik dari audiens.
- Website post – Menurut penelitian yang dilakukan TrackMaven, waktu terbaik untuk upload artikel baru pada website Anda adalah pada pukul 3 sore, karena tidak banyak artikel yang diupload pada waktu tersebut, sementara jumlah audiens yang membaca konten cukup banyak. Sementara hari minggu merupakan hari terbaik untuk upload konten.
- Facebook – Tingkat engagement di News Feed Facebook akan lebih tinggi 18% pada hari Kamis dan Jumat serta 32 % lebih tinggi pada akhir pekan (Buffer). Waktu terbaik untuk upload konten bervariasi dari pukul 1 siang untuk mendapatkan share yang paling banyak, hingga pukul 3 sore untuk mendapatkan lebih banyak klik.
- Instagram – Hasil studi menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk post di Instagram adalah di pukul 2 siang sampai pukul 5 siang. Hal ini karena tidak banyak yang upload Instagram di rentang waktu ini dan membuat mereka lebih engaged dengan konten yang ada. Hari dengan engagement terbaik untuk upload Instagram adalah di hari rabu dan kamis.
- Twitter – Sebuah studi yang dilakukan oleh Twitter menunjukkan bahwa pengguna Twitter lebih ramai beraktivitas 181% lebih banyak saat sedang perjalanan berangkat dari rumah ke sekolah atau kantor dan sebaliknya. Sementara ada studi dari Buffer bahwa waktu terbaik untuk mengunggah konten di Twitter di dini hari, karena akan mendapatkan klik lebih banyak di waktu lain.
Tentukan jenis konten apa yang ingin Anda buat
Seperti yang dibahas diatas, jenis konten juga dapat mempengaruhi bagaimana konten Anda dapat menarik perhatian orang banyak. Setelah Anda sudah mengetahui target audience, dan topik-topik apa saja yang ingin Anda bahas, Anda perlu memikirkan jenis konten apa yang ingin Anda buat.
Berikut beberapa jenis content yang bisa anda gunakan:
- Case Studies
- Charts / Graphics
- Ebooks
- Email Newsletter
- How to’s
- Artikel Opini
- Vlog
- Video
- Template
- Survey
- Presentasi
- Resources
- Quiz
- Quotes
- Polling
- Webinar
- Panduan
- Infografis
- Interview
- Photos
- User Generated Content
- Berita
Ukur efektifitas konten Anda
Salah satu cara untuk mengetahui apakah pembuatan konten anda efektif adalah dengan mengukur seberapa besar return on investment (ROI) dari konten marketing Anda. Ada beberapa faktor yang bisa kita cek untuk mengukur ini:
- Penjualan
Pembuatan sebuah content belum tentu bisa langsung meningkatkan penjualan, tetapi mungkin akan berdampak secara jangka panjang. Jika tidaak ada perubahan, maka Anda perlu melihat lagi strategi Anda
- Jangkauan (reach) dan engagement
Reach menunjukkan jumlah orang yang melihat content yang Anda buat. Engagement penting untuk melihat apakah target audience Anda berinteraksi dengan konten yang Anda berikan. Engagement ini diukur dari tindakan yang dilakukan oleh para audience di konten anda – seperti share, like, atau comment.
- Jumlah Share
Salah satu indicator apabila target audience Anda menyukai konten yang Anda buat adalah dengan share konten yang anda buat. Dengan mengukur hal ini, Anda bisa memahami seberapa tinggi popularitas konten buatanmu.
- Traffic di website
Ini merupakan salah satu faktor untuk melihat efektifitas konten Anda, Anda bisa mengetahui apakah usahamu berhasil target audience yang anda inginikan.
Untuk mengukur hal – hal ini, content marketer biasanya menggunakan beberapa tools seperti Google analytics, Meltwater, Hootsuite, Sprout, Facebook & Instagram analytics, dan tools lainya. Data dari variable-variabel diatas bisa dikumpulkan sehabis membuat konten untuk mengukur seberapa efektif konten yang dibuat.
Menentukan ide konten
Ide tentu memiliki pengaruh terhadap keberhasilan strategi content marketing Anda, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mencari ide ini:
- Menggunakan beberapa tools yang dapat membantu Anda seperti What to Write, Feedly, Buzzsumo, Content Forest, dan Hubspot Website Grader.
- Aktif mengecek tren di social media untuk menemukan tren yang cocok dengan konsep blog kamu.
- Melihat apa yang banyak orang cari di Google Trends. Google Trends bisa menjadi tools yang anda pakai untuk melihat apa yang banyak dicari orang.
- Cari informasi dengan membaca artikel atau informasi online / offline. Semakin banyak membaca, pengetahuan dan cara berpikir Anda akan semakin luas sebagai dasar untuk Anda membuat konten.
- Bertanya ke target audience anda, dengan cara ini anda bisa membuat content yang interaktif. Anda bisa bertanya langsung kepada pembaca Anda.
Salah satu hal yang harus dimiliki untuk membuat konten marketing yang baik adalah kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah dan belajar hal baru. Membuat content marketing yang baik membutuhkan kesabaran, kreatifitas, dan analisis. Untuk mendapatkan konten yang paling efektifitas diperlukan banyak percobaan.
Dengan mengetahui apa yang dipikirkan dan disukai oleh audiens, Anda akan mampu untuk membuat sebuah content yang diinginkan oleh audiens.
Apa kamu memiliki usulan atau tips lain untuk membuat proses yang baik? Yuk diskusi bersama kami pada kolom komen.
7 Comments. Leave new
[…] Anda harus memastikan bahwa konten Anda bisa menarik perhatian. Kami sudah menyiapkan artikel Tips Untuk Membuat Konten Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda bagi Anda yang ingin memulai membuat konten untuk campaign marketing […]
[…] Content marketing adalah proses membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan menarik untuk target audience anda. Content marketing yang baik harus dapat menjangkau audience baru dan mengubah mereka menjadi konsumen Anda. Tidak seperti iklan berbayar, content marketing lebih berfokus pada hasil jangka panjang. Hal ini mungkin tidak memberikan dampak langsung terhadap penjualan Anda, tetapi lebih memberikan hasil untuk mengembangkan bisnis Anda secara jangka panjang. Content marketing juga meningkatkan connection dari audience kepada brand Anda. Namun, membuat content marketing yang baik itu tidak mudah, Anda harus membuat konten yang berkualitas, relevan dengan audience dan bisnis Anda,dan konsisten. […]
[…] rencana marketing 2019 Anda, ada baiknya Anda mulai memasukkan video sebagai salah satu konten promosi Anda. 72% bisnis mengatakan bahwa di tahun 2018, video berhasil membantu conversion rate mereka. […]
[…] Kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, Anda bisa membaca artikel kami tentang tips content marketing untuk bisnis. […]
[…] adalah salah satu jenis konten marketing yang paling banyak diminati. Salah satu alasannya adalah karena semakin populernya Instagram. […]
[…] Sangat disayangkan kalau brand Anda tidak melakukan content marketing; apalagi dalam hal membangun dan meningkatkan brand awareness. Dengan content marketing Anda bisa mempererat hubungan dengan audience Anda sambil terus memperkenalkan brand Anda. Kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, kami sudah menyediakan 6 Tips Untuk Membuat Konten Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda. […]
[…] marketing? Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang content marketing, Anda bisa membaca artikel 6 Tips Untuk Membuat Konten Marketing Terbaik Untuk Bisnis Anda. Semoga artikel ini […]